(06 Jan 2025 | 11:10)

Ahmad Syafi’i Resmi Sandang Gelar Doktor, Perkuat Barisan Pendidik Berkualifikasi Tinggi di Al Hikmah

Ustadz Ahmad Syafi’i, M.Pd., Wakil Ketua 1 STKIP Al Hikmah berhasil melalui ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Ujian dilaksanakan pada Selasa, 24 Desember 2024 dan di hadiri oleh Sekretaris dan Bendahara Yayasan, Kepala Departemen serta rekan dosen. Dalam ujian ini, Ahmad Syafi’i mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Promoting the Timeliness of Undergraduate Thesis Writing Competition through Student Engagement with Supervisory Feedback."

Ujian terbuka tersebut berlangsung di Auditorium Lantai 4 Gedung T-14 Fakultas Bahasa dan Seni UNESA. Acara dimulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, dengan dihadiri oleh tim penguji yang terdiri dari: Didik Nurhadi, Ph.D. (Ketua Dewan Penguji), Dr. Suhartono, M.Pd. (Sekretaris Dewan Penguji), Ahmad Munir, Ph.D. (Anggota Penguji/Promotor), Syafi’ul Anam, Ph.D. (Anggota Penguji/Kopromotor), Dr. Widyastuti, M.Pd. (Anggota Penguji Internal/UNESA), Dr. Himmawan Adi Nugroho, M.Pd. (Anggota Penguji Internal/UNESA), Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. (Anggota Penguji Eksternal/UNS).

Penelitian Ahmad Syafi’i menyoroti pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam menerima dan memanfaatkan umpan balik dari dosen pembimbing selama proses penulisan skripsi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketepatan waktu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi melalui strategi supervisi yang efektif.

Penelitian Ahmad Syafi’i menyoroti pentingnya strategi umpan balik yang terstruktur dalam proses penulisan skripsi. Umpan balik yang bersifat direktif, referensial, dan ekspresif, ketika dirancang dan diterapkan dengan baik, dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa, motivasi, serta kualitas hasil kerja mereka, sehingga mendorong penyelesaian skripsi tepat waktu.

Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada kajian ilmiah dengan menegaskan peran penting dukungan emosional dan umpan balik terstruktur dalam supervisi skripsi. Ahmad Syafi’i juga mengadvokasi pendekatan holistik dalam supervisi, yang tidak hanya meningkatkan kinerja akademik mahasiswa tetapi juga kesejahteraan emosional mereka.

Dari sudut pandang praktis, penelitian ini menyarankan agar institusi pendidikan membekali dosen pembimbing skripsi dengan keterampilan untuk memberikan umpan balik yang personal dan dapat ditindaklanjuti, sekaligus mengintegrasikan teknik motivasional dan dukungan emosional.

Penelitian ini juga membuka peluang untuk eksplorasi lebih lanjut terhadap metode umpan balik yang beragam, pemanfaatan teknologi seperti umpan balik berbasis kecerdasan buatan (AI), dan strategi supervisi di berbagai bidang akademik. Hal ini dapat memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan proses penulisan skripsi dan memastikan hasil pembelajaran mahasiswa yang sukses.

 

Topik Berita
Gelar Doktor