Pendidikan unggul lahir dari kolaborasi yang kuat antara sekolah dan orang tua. Itulah semangat yang dihidupkan SMP-SMA Al Hikmah International Islamic Boarding School (IIBS) Batu melalui agenda rutin kunjungan komite sekolah Al Hikmah bersama manajemen pimpinan sekolah. Kegiatan ini bukan sekadar ajang silaturahmi, melainkan momen untuk menyelaraskan arah pendidikan dan merumuskan program-program prioritas di awal tahun ajaran.
Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan konstruktif ini, manajemen sekolah memaparkan program-program unggulan yang akan dijalankan sepanjang tahun ajaran. Pemaparan tersebut mencakup SDL (Self Directed Learning), Research Project (Penyusunan Karya Ilmiah berbasis penemuan dan Inovasi Teknologi), Expert Learning (Belajar kepada para ahli dibidangnya), ILC (Intensif Learning Camp), Further Study (Penyusunan rencana Studi Lanjut berbasis cita-cita).
Seluruh program tersebut mengacu pada visi misi besar Al Hikmah IIBS yakni INSPIRE yang mengacu pada nilai-nilai berikut:
Selain itu, kurikulum International Baccalaureate (IB) juga menjadi pembahasan utama sebagai langkah untuk meningkatkan capaian akademik siswa, pembelajaran yang lebih mendalam, serta pemahaman lintas budaya global (cross-cultural understanding).
Komite juga memberikan catatan, agar kedepannya semakin banyak prestasi siswa SMP-SMA Al Hikmah International Islamic Boarding School (IIBS) Batu di kancah nasional dan internasional, agar sejalan dengan nilai-nilai kurikulum pendidikan yang dijalankan pada sekolah tersebut.
Kunjungan ini menjadi bukti bahwa sekolah dan orang tua dapat berjalan seiring dalam satu visi besar. Menghadirkan pendidikan yang mengakar pada nilai Islam, berpijak pada inovasi, dan menjangkau dunia. Masukan dan dukungan dari komite sekolah menjadi amunisi penting untuk terus bergerak maju.
Harapannya, dengan kolaborasi yang erat, setiap program sekolah dapat berjalan lebih efektif dan berdampak luas bagi perkembangan peserta didik. Untuk membentuk generasi yang unggul secara spiritual, intelektual, dan sosial.